Chat with us, powered by LiveChat
Search

Daftar Rekor Pencetak Gol Termuda di 5 Liga Terkemuka Eropa

Jakarta – Florian Wirtz menorehkan rekor sebagai pemain termuda yang mencetak gol di Liga Jerman (Bundesliga). Rekor itu ia raih saat mencetak gol buat Bayer Leverkusen yang kalah 4-2 dari Bayern Munchen dalam pertandingan pekan ke-30, Sabtu.

Wirtz memecahkan rekor yang telah bertahan selama hampir 15 tahun. Ia mencetak gol saat berusia 17 tahun dan 34 hari, memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Nuri Sahin, yang mencetak gol untuk Borussia Dortmund melawan Nurnberg pada November 2005 saat berusia 17 tahun dan 82 hari.

Rekor Florian Wirtz bukanlah yang terbaik bila dibandingkan dengan empat liga utama Eropa lain. Pemegang rekor gol termuda di Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, dan Liga Prancis semuanya berusia lebih muda darinya.

Inilah mereka:

La Liga Spanyol: Fabrice Olinge

Usia saat memecahkan rekor: 16 tahun, 98 hari
Tanggal torehan rekor: 18 Agustus 2012
Pertandingan: Celta Vigo 0-1 Malaga

Olinga membuat sejarah La Liga ketika dia (secara tidak sengaja) mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan saat Malaga menang 1-0 di Celta. Jarang ada gol lebih penting yang dicetak dari paha dari jaraklima meter.

Apa yang terjadi selanjutnya? Olinga meninggalkan Malaga untuk Apollon Limassol pada Januari 2014 tetapi menghabiskan sebagian besar tahun berikutnya dengan status pinjaman di Zulte Waregem dan kemudian Viitorul. Ia sempat membela Sampdoria, lalu menandatangani kontrak dengan Mouscron.

Liga Prancis: Richard Krawcyk

Usia saat memecahkan rekor: 16 tahun, 3 bulan, 15 hari
Tanggal pemecahan rekor: 08 September 1963
Pertandingan: Angers 1-2 Lens

Berada dalam posisi ke-11 dalam daftar pemain termuda Ligue 1 pasca-perang, Krawczyk memimpin dalam hal pencetak gol termuda setelah membantu Lens meraih kemenangan atas Angers pada September 1963.

Apa yang terjadi selanjutnya? Bagian dari tradisi bangga pemain keturunan Polandia di Lens, Krawczyk menghabiskan lima tahun di tim pertama klub itu. Ia lalu bermain untuk Metz, Reims, dan kemudian kembali ke klub lamanya pada tahun 1976 hingga 1979.

Liga Inggris: James Vaughan

Usia saat memecahkan rekor: 16 tahun, 270 hari
Tanggal pemecahan rekor: 10 April 2005
Pertandingan: Everton 4-0 Crystal Palace

Vaughan memecahkan rekor yang dipegang James Milner ketika dia mencetak gol pada menit ke-87 saat melawan Palace.

Apa yang terjadi selanjutnya? Ia adalah pemain pengelana. Selain Everton, yang ia tinggalkan pada 2011, striker ini telah bermain untuk 12 klub yang berbeda. Baru-baru ini bergabung dengan klub League 1 Tranmere Rovers dengan status pinjaman dari Bradford City.

Serie A Liga Italia: Amedeo Amadei

Usia saat memecahkan rekor: 15 tahun, 287 hari
Tanggal pemecahan rekor: 09 Mei 1937
Pertandingan: Lucchese 5-1 Roma

Fakta bahwa rekor Amadei bertahan selama 83 tahun menunjukkan betapa mengagumkan prestasinya, meski golnya itu gagal membantu Roma menang. Dia juga masih memegang rekor pemain termuda yang tampil di Serie A, bersama Pietro Pellegri.

Apa yang terjadi selanjutnya? Amadei mencetak 111 gol dalam 234 pertandingan untuk Roma dan diakui sebagai legenda klub. Ia juga bermain untuk Atalanta, Inter, dan Napoli. Ia kemudian dua kali menjadi pelatih Napoli. Namanya masuk “hall of fame” sepak bola Italia pada 2018, lima tahun setelah meninggal pada usia 92.